Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Ukuran Perusahaan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi

Main Article Content

Miswan Gumanti
Bernadhita H S Utami
Rita Irviani

Abstract

Tujuan utama perusahaan berdiri adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran pemilik atau para pemegang saham.Bagi perusahaan yang sudah go public maka nilai pasar ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di bursa yang tercermin dalam listing price. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, salah satunya adalah faktor kinerja lingkungan. Kinerja lingkungan yang baik akan menyebabkan perusahaan banyak mengungkapkan kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) juga mempengaruhi nilai perusahaan, dimana perusahaan yang telah melaksanakan CSR akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konsumsi makanan yang terdaftar dalam BEI pada tahun 2012-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori signaling dimana perusahaan yang memberikan informasi bagus akan dipercaya oleh investor.

Article Details

How to Cite
Gumanti, M., Utami, B. H. S., & Irviani, R. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Ukuran Perusahaan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.37385/msej.v2i1.149
Section
Articles

References

Auliya, M. R. dan Margasari, N. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Financial dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 1(1), 117–142.
Bulan, A. A. A. T. dan Astika, I. B. P. (2014). Moderasi corporate social responsibility terhadap pengaruh kinerja keuangan pada nilai perusahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia dunia bisnis dan para investor lebih tertarik melihat secara komprehensif laporan Responsi. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana 8.2 ISSN: 2302 – 8556, 8(2), 136–151.
Elkington, J. (1998). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Canada: New Society Publisher.
Husnan, P. E. dan Pudjiastuti, E. (2012). Manajemen Keuangan Edisi Keenam. Jakarta: UPP STIM YKPN.
Ikbal, M., Sutrisno, dan Djamhuri, A. (2011). Pengaruh Profitabilitas dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh, 21–22.
Mardiana, I. A. dan Wuryani, E. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unesa, 8(1).
Medyawati, H. dan Yunanto, M. (2017). The Influence of Corporate Social Responsibility to the Value Of Company in Indonesia. International Journal Globalisation and Small Business, 9(1), 54–60.
Rahman, A. dan Widyasari, K. N. (2008). The analysis of company characteristic influence toward CSR disclosure: empirical evidence of manufacturing companies listed in JSX. Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 12(1).
Putri, A. K., Sudarma, M., dan Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2). https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.16
Rakhiemah, A. N. dan Agustia, D. (2012). Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indonesia. Universitas Airlangga, 1–31.
Wedayanti, L. P. dan Wirajaya, I. G. A. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali - Indonesia email : putriw. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(3), 2304–2332.
Umbara, D. dan Suryanawa, I. (2014). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(2), 410–424.
Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta: Salemba Empat.