Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Prabumulih

Main Article Content

Amandin Amandin

Abstract

Pemasaran e-commerce konsumen akan berdampak pada terjadinya pembelian berulang-ulang yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor  yang  mempengaruhi  pemasaran  e-commerce terhadap  keputusan pembelian online di Kota Prabumulih.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, karena pada penelitian ini menggambarkan suatu variabel, gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya dan menggunakan data yang bersifat angka yang diperoleh dari angket atau kuesioner, jumlah  sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 96 orang. Hasil  untuk  pengujian  diperoleh  nilai t  untuk  variabel  pemasaran e-commerce menunjukan nilai thitung = 1.039 > ttabel = 1.987 maka Ho diterima.  Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan dengan nilai dibawah 0,05 tersebut menunjukan bahwa pemasaran e-commerce memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap Keputusan pembelian. Koefisien regresi dari pemasaran e-commerce adalah sebesar 0,506. Maksudnya adalah bahwa setiap kenaikan tingkat pemasaran e-commerce sebesar satu poin maka keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,506. Arah koefisien regresi positif berarti bahwa pemasaran e-commerce memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Keputusan pembelian. Semakin baik pemasaran e-commerce yang ada akan semakin tinggi pula Keputusan pembelian, sebaliknya semakin tidak baik pemasaran e-commerce yang ada semakin rendah pula Keputusan pembelian.


Kata Kunci: Pemasaran E-commerce dan Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Amandin, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Prabumulih. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 2(2), 113-122. https://doi.org/10.37385/msej.v2i2.203
Section
Articles

References

Hidayat, Z. N., Santoso, P. B., & Choiri, M. (2014). Perancangan Dan Implementasi Sistem E-Commerce Dengan Menggunakan CMS Opencart Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran (Studi Kasus: UD. La Tanza Kecamatan Dau Malang). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 2(1), P219-229.
Kuswiratmo, B. A., & SH, M. (2016). Memulai Usaha Itu Gampang!: Langkah-Langkah Hukum Mendirikan Badan Usaha Hingga Mengelolanya. VisiMedia.
Laudon, K. C. & Traver, C. G. (2013). E-commerce 2013: Business Technology, Sosiety. Edinburgh Gate: Pearson.
Nazir, S., Tayyab, A., Sajid, A., ur Rashid, H., & Javed, I. (2012). How online shopping is affecting consumers buying behavior in Pakistan?. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 9(3), 486.
Raje, A., & Khanna, V. T. (2012). Impact of E-Service Quality on Consumer Purchase Behaviour in an On-Line Shopping. IJCSMS International Journal of Computer Science and Management Studies, 12(02), 1-5.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. edisi ke III. Andi, Yogyakarta.
Turban, E., Whiteside, J., King, D., & Outland, J. (2017). Introduction to electronic commerce and social commerce. Springer.