Analisis Tingkat Kesehatan Unit Simpan Pinjam Pada Primer Koperasi Kartika Dwipangga Karang Endah

Authors

  • Romsa Endrekson STIE Prabumulih

Abstract

Penelitian berobjek Koperasi Kertika Dwipangga Karang Endah Tahun  2019, Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif  dilakukan untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi  secara faktual, sistematis, dan akurat. Pada penelitian ini, penulis berusaha mendeskripsikan peristiwa yang menjadi pusat penelitian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Penelitian ini menggambarkan data kuantitatif yang diperoleh menyangkut keadaan subjek atau fenomena dari sebuah populasinya. Sumber utama data penelitian ini adalah  data sekunder berupa Laporan keuangan Unit Simpan Pinjam Primer Koperasi Dwipanggaceta Karang Endah tahun 2019. Metode Pengumpulan Data Penelitian ini dilaksanakan pada Unit Simpan Pinjam Primer Kopersai Dwipanggaceta Karang Endah Kabupaten Muara Enim.  Data yang terkumpul nantinya akan dianalisis menggunakan teknik-teknik yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya. Berdasarkan hasil pengolahan  dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat  disimpulkan bahwa tingkat kesehatan Unit Simpan Pinjaman pada Primer Koperasi Kartika Dwipangga tahun 2019  adalah Cukup Sehat dengan skor 77,30. Dari tujuh aspek penilaian ada dua aspek penilaian (aspek Efesiensi dan ada Aspek Jatidiri Koperasi) yang berkontribusi memberikan nilai maksimal dan lima aspek penilaian lainnya belum maksimal dan masih dapat diupayakan peningkatan kinerjanya.

 

Kata Kunci: Tingkat kesehetan. Simpan Pinjam, Koperasi Kartika Dwipangga Karang Endah

 

References

Herprasetyo, D. (2017). Analisis Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam di KPRI “Nagara” Ngagrik Sleman Tahun 2014-2016. Pendidikan Ekonomi FE UNY, Yogyakarta.journal.student.uny.ac.id, 1-10.

Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hendrojogi. 2007. Koperasi: Asas-asas, Teori, dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono.2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitati dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Syaifudin, I. (2017). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Rembang Tahun 2014-2015. Pendidikan Ekonomi FE UNY, Yogyakarta.journal.student.uny.ac.id, 1-16.

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Rapublik Indonesia No. 14/Per/M.KUKM/XII/2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 20/Per/M.KUKM/XI/2008 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. 20/Per/M.KUKM/XI/2008 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi.

Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1995 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi.

Subandi. 2009. Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik). Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Goretti, M. (2018). Analisis Kesehatan Koperasi Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik IndonesiaNomor:14/Per/M.KUKM/XII/2009.administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id,1-10.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Endrekson, R. (2022). Analisis Tingkat Kesehatan Unit Simpan Pinjam Pada Primer Koperasi Kartika Dwipangga Karang Endah . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(1), 60–67. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/341