Optimalisasi Impelementasi Prosedur Realisasi Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT. X KC Gresik

Authors

  • Tutut Rohmawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anita Akhiruddin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elok Vilantika Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4176

Keywords:

Kredit Pemilikan Rumah, PT X KC Gresik, Realisasi, Pembiayaan

Abstract

Penginapan merupakan salah satu kebutuhan bagi daerah setempat, sehingga pembeliannya juga dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit melalui lembaga keuangan dengan mengajukan Kredit Pembelian Rumah (KPR). Kehadiran KPR ini merupakan fasilitator yang diberikan oleh perbankan kepada nasabah perorangan dalam hal pembelian rumah dan perbaikan rumah. Penelitian ini berencana untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peningkatan sistem pengakuan pendanaan KPR oleh PT X KC Gresik. Teknik pemeriksaan ini menggunakan semacam eksplorasi subyektif dengan sumber informasi penting, dan pengumpulan informasi melalui wawancara dengan pihak terkait. Informasi yang diperoleh akan diuji legitimasinya dengan uji ketergantungan. Hasil eksplorasi yang dilakukan di PT X KC Gresik menunjukkan adanya berbagai teknik yang dilakukan selama proses pengakuan dana KPR kepada calon debitur, khususnya pada saat pengecekan kepraktisan dan kapasitas pemegang rekening dengan menggunakan investigasi, misalnya, 5C dan BI-Checking. Hal ini perlu dipertimbangkan karena dapat menimbulkan bahaya yang nyata, misalnya kredit bermasalah dan kewajiban yang berat. Berdasarkan hasil yang didapat, maka untuk meminimalisir terjadinya non-performing advance dan kewajiban yang buruk, maka perlu dilakukan pengecekan setelah pengakuan KPR untuk melihat apakah peminjam di PT X KC Gresik dapat melunasinya, KPR atau tidak.

References

Apriani, Rani & Hartanto. 2019. Hukum Perbankan Dan Surat Berharga. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Awaluddin, Muh. Reski, (2015), Prosedur Pemberian Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) pada PT. Bank Tabungan Negara, Tbk Cabang Maros, Tugas Akhir 2015. Jurnal STIM Yapim, Maros, 2(2), 2747-0873

Djaja, Benny. Hukum Perbankan. Jakarta: Andi, 2019.

Harahap, M. Yahya, (2013), Ruang Lingkup Permasalahan Eksekusi Bidang Perdata, Edisi kedua: Sinar Grafika, Jakarta

Harsono, Boedi, (2013), Hukum Agraria Indonesia, Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaannya, Edisi Revisi, Cetakan Kesembilan, Djambatan, Jakarta, 1998 “Upaya Badan Pertanahan Nasional Dalam Mempercepat Penyelesaian Kredit Macet Perbankan”, Kumpulan Makalah dan Hasil Diskusi Panel I Sampai IV Pengurusan Piutang dan Lelang Negara, Dep. Keu,.RI. BUPLN, Jakarta.

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, RajaGrafindo, Jakarta: 2009.

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Mashudi, Muhammad Agil. (2019), Analisis Restrukturisasi Kredit untuk Penyelesaian Kredit Bermasalah di Bank Kantor Cabang Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Jember.

Otoritas Jasa Keuangan. “Ringkasan Eksekutif POJK 11/2020”. www.ojk.go.id. (Diakses 05 Oktober 2023).

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 1/ POJK.07/ 2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Prasetyo, Budi Prana. (2021), Tinjauan Terhadap Pelaksaan Resrukturisasi Kredit Perbankan. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara, 2(1).

Pratiwi, Nur. (2019), Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. KCP Maros. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Maros, 2(1).

Rachmayani, Dewi. Agus Suwandono. (2017), Covernote Notaris dalam Perjanjian Kredit dalam Perspektif Hukum Jaminan. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Padjajaran.

Reviandini, Wasti. (2021), Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Teoritis Praktis dan Dilengkapi Soal-soal. Sidoarjo: Indomedika Pustaka.

Sholicha, Icha Siti, (2019), Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Waru Sidoarjo, Artikel Ilmiah 2019.

Sugiyono. (2020). Metode Penlitian Kualitatif. Bandung: CV ALFABETA.

Undang-Undang Nomor 4 tahun 1992 tentang Perumahan atau Pemukiman.

Widodo, & Devin Devara Nabita. (2020), Penyelesaian Kredit Bermaslah dengan Metode Restrukturisasi Kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Banyuwangi. Fakultas Hukum, Universitas Jember.

Wiranti, dkk. (2019). Analisis Prosedur Pemberian Krediet Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Pencegahan Kredit Macet Pada PT. Bank Sumsel Babel Pusat. Jurnal Neraca, 3(1). www.ojk.go.id. Diakses pada 7 November 2023, Pukul 13.54.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Rohmawati, T., Akhiruddin, A., & Vilantika, E. (2024). Optimalisasi Impelementasi Prosedur Realisasi Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT. X KC Gresik. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 743–757. https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4176