Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya

Authors

  • Tarisah Dewi Hajar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Jojoh Dwiridotjahjono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4297

Keywords:

Kinerja Karyawan, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan (X1), budaya organisasi (X2), dan kompensasi (X3) terhadap kinerja karyawan (Y) pada PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatifPopulasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya dan pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling. Teknik analisis data digunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel kepemimpinan (X1), budaya organisasi (X2), dan kompensasi (X3) secara silmultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dibuktikan dengan nilai F Hitung yang lebih besar daripada F tabel. Variabel kepemimpinan (X1), budaya organisasi (X2), dan kompensasi (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian ini menguatkan hasil penelitian oleh Bahrudin & Iryanti (2023) yang menyatakan bahwa diperoleh hasil signifikan positif terkait kinerja karyawan pada PT Japfa Comfeed Indonesia oleh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kerja, dan Kompensasi yang berkembang pada perusahaan tersebut.  

References

Gee, M. N. (2021). Pengaruh Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. PARETO: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(1).

Mangkunegara, A. A. P. (2020). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nanda, M. R., & Setyorini, D. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Sistem Penggajian (Studi Pada Karyawan di CV. Multi UNY Utama Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(1).

Nawawi, Ismail. (2017). Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Depok: Kencana.

Sutrisno, Edy. (2018). Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zahreni, S., Simarmata, R., & Nainggolan, Y. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Keterikatan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(1), 34-43.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Hajar, T. D., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 1359–1369. https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4297