Pola Konsumsi, Pola Menabung, dan Pola Investasi Etnis Jawa yang Bekerja sebagai Karyawan dengan Menggunakan Pendekatan Etnografi

Authors

  • Abdul Wahab Universitas Bakrie
  • Dr. Jerry Heikal Universitas Bakrie

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4574

Keywords:

Konsumsi, Tabungan, Investasi, Karyawan

Abstract

Konsumsi dan pendapatan berbanding terbalik secara langsung. Jika dilihat secara keseluruhan, pengeluaran konsumsi publik berbanding lurus dengan pendapatan nasional pada tingkat agregat makro. Jumlah yang dibelanjakan untuk konsumsi meningkat seiring dengan pendapatan. Sumber data penelitian adalah: (1) sumber tertulis, (2) sumber lisan, (4) dokumen. Teknik Pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara sebanyak 10 responden sebagai karyawan dari etnis jawa, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak, sebelum, selama, dan sesudah penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif melalui pendekatan etnografi. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Cara Karyawan menabung hampir sama. (2) Saat pendapatan Karyawan naik, pengeluaran pun akan naik. (3) Karyawan yang menerima tambahan pendapatan, akan menggunakan sebagian besar untuk pengeluaran konsumtif. Konsumsi adalah tindakan melakukan pembelian produk dan jasa dengan maksud untuk memuaskan keinginan mereka sendiri. Semakin banyak pendapatan seseorang, semakin banyak yang akan mereka konsumsi, dan mereka juga akan menghemat lebih banyak uang, dalam pepatah jawa disebutkan “nrimo ing pandum",Artinya tidak terlalu berambisi dalam mencari uang, menabungnya sedikit, dan tidak ada dana darurat. Sebaliknya, jika tingkat pendapatan seseorang menurun, semua uangnya dihabiskan, menghasilkan tingkat tabungan nol. Ini bukan fungsi konsumsi jangka panjang, melainkan, ini adalah fungsi konsumsi jangka pendek. Investasi adalah pilihan untuk menunda penggunaan sumber daya atau sebagian pendapatan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan menambah atau membangun nilai kehidupan (pendapatan dan kekayaan). Investasi dilakukan baik di bidang fisik maupun tidak berwujud seperti: Saham, Emas, Properti dan Deposito, terutama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

References

Bande Ramudo, Roberto., Fernandez Grela, Manuel., Riveiro Garcia, Dolores., (2007) Consumption, Saving, Investment, and Unemployment. SVAR Tests of the Effects of Changes in the Consumption-Saving Pattern., Santiago.

Bodie, Zvi., Kane, Alex., Marcus, Alan J., (2018) Investment 11th Ed., McGraw-Hill Education, New York.

Clason, George S. (2010). The Richest Man in Babylon. Megalodon Entertainment, LLC. Metairie, LA USA.

Creswell, John W (2015). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (5th ed). University of Nebraska, Lincoln.

Joko, Agus. (2012). Pola Konsumsi Pola Investasi Dan Pola Proteksi Sebagai Indikator Perencanaan Keuangan Keluarga. Media Mahardika 10 (2).

Karya, Detri, Syamri Syamsuddin. (2016). Makro ekonomi Pengantar untuk Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kiyosaki, Robert T. (2020). Rich Dad’s Increase Your Financial IQ Kelola Uang Anda Lebih Cerdas . PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Susandini, Aprilia., Jannah, Miftahul. (2021). Tingkat Pendapatan, Pola Konsumsi, dan Pola Menabung Petani Garam dalam Personal Finance. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Universitas Wiraraja. Vol:11 No.1.

Spradley, James P. (1979) The Ethnographic Interview, Holt, Rinehart and Winston, Inc. USA.

Waluyo, Indra Fikri Ardi & Marlina, Maria Assumpta Evi (2019). Peran Literasi Keuangan dalam Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Media AKuntansi dan Perpajakan Indonesia, Volume 1 Number 1 September 2019, 53-74.

Wulandari & Hakim, Luqman (2015). Pengaruh Love of Money, Pendidikan Keuangan di Keluarga, hasil Belajar Manajemen Keuangan dan Teman Sebaya terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2015 , 1-6

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Wahab, A., & Heikal, D. J. . (2024). Pola Konsumsi, Pola Menabung, dan Pola Investasi Etnis Jawa yang Bekerja sebagai Karyawan dengan Menggunakan Pendekatan Etnografi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 3745–3750. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4574