Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Agricultural Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020 - 2022)

Authors

  • Vivian Valentini Universitas Prima Indonesia
  • Arie Pratania Putri Universitas Prima Indonesia
  • Celia Celia Universitas Prima Indonesia
  • Debbi Chyntia Ovami Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4694

Keywords:

Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan penelitian ni adalah untuk mengetahui Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Agricultural Yang Terdaftar di Bursa Efek ndonesia Periode 2020 - 2022). Populasi yang digunakan alah perusahaan sektor agricultrual yang terdaftar dalam Bursa Efek ndonesia tahun 2020 sampai 2022 sebanyak 24 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu didapatkan sebanyak 63 sampel. Pendekatan ni menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif adalah metode berbasis positivisme yang digunakan untuk mempelajari populasi dan sampel tertentu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ni adalah semua perusahaan consumers good yang terdaftar di Bursa Efek ndonesia sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022. Hasil penelitian ni menunjukkan bahwa Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Secara serempak Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

References

Hery (2019), Corporate Social Responsibility & Tax Avoidance (Perspektif Perusahaan Syariah). Indramayu: Adanu Abimata.

Harun dan Jandry (2019), Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance.

Kasmir (2021), Kebijakan & Administrasi Schedular Taxtation (Konsep dan Implementasi Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan dan Perencanaan Perpajakannya Terkini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Qamar, N., & Farah, S. R. (2020). Metode Penelitian Hukum Doktrinal dan Non Doktrinal. Makssar: Social Politic Genius.

Riyanto, S., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantiatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Riyanto dan Mertani (2022), Pengaruh Profitability, Leverage, Audit Quality, Dan Faktor Lainnya Terhadap Tax Avoidance.

Riniwati, Harsuko. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengambangan SDM). Malang : UB Press.

Sagala, Syaiful. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan (Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan). Jakarta : Kencana.

Sahir, Syafrida Hafni, Abdurrozzaq Hasibuan, dan Siti Aisyah. 2020. Gagasan Manajemen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Slameto. 2020. Pembaruan Manajemen Pendidikan. Surabaya: Qiara Media Partner.

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Valentini, V., Putri, A. P., Celia, C., & Ovami, D. C. . (2024). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Agricultural Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020 - 2022). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4277–4286. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4694