Analisis Biaya Operasional Dan Pendapatan Dalam Meningkatkan Laba Pada PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru

Authors

  • Nabila Dwi Rahma Universitas Riau
  • Ruzikna Ruzikna Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4772

Keywords:

Beban Operasional, Rasio Pertumbuhan (Growth Ratio), Return On Assets (ROA)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan laba PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru periode tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 berdasarkan metode Rasio Beban Operasional, Growth Ratio, dan ROA. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah berupa data laporan keuangan tahun 2018 – 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Dari analisis data berdasarkan metode Rasio Beban Operasional, Growth Ratio, dan ROA menunjukkan peningkatan laba yang baik walaupun selama periode lima tahun terakhir laba sempat mengalami fluktuasi setiap tahunnya, PT Perkebunan Nusantara V Pekanbaru mampu mengelola permasalahan dengan kinerja yang optimal. Hasil analisis metode rasio beban operasional menunjukkan hasil 71,3% maka perusahaan dikategorikan baik, untuk hasil analisis Growth Ratio adalah baik karena pertumbuhan pendapatan cenderung naik, sedangkan untuk hasil analisis ROA memiliki rata-rata sebesar 7,15% yang berada dikategori baik, artinya perusahaan mampu mengelola asetnya dengan baik sehingga dapat memperoleh laba secara optimal.

References

Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Alvin Pratama, I., Zulfa Fahriani, F., & Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, F. (2023). Analisis Pendapatan Usaha dan Beban Operasional dalam Meningkatkan Laba Bersih Pada Konveksi Pakaian Monika. Tulungagung.

Baridwan, Z. (2009). Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Yogyakarta. BPFE.

Barus, Irene. (2016). Analisis Pengaruh Beban Operasional Pada Pendapatan Usaha dan Dampaknya Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014).

Bastian Bustomi, N. (2010). Akuntansi Biaya. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Dendawijaya. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta. Penerbit Ghalia Indonesia.

Elvira, S., & Fadjar, M. M. (2020). Analisis Perencanaan Dan Pengendalian Biaya Operasional Dalam Rangka Meningkatkan Laba Pada PT. Pratama Citra Bersinar.

Ernawati, F. (2015). Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Dengan Perputaran Persediaan Sebagai Variabel Pemoderasi Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Bandung. Alfa Beta.

Hanafi, H. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta. UPP AMP YKPN.

Harahap. (2011). Teori Akuntansi Edisi Revisi. Jakarta. PT. Raja Grafindi Persada.

Harnanto. (2019). Dasar Dasar Akuntansi Jilid Kedua. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Hery. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. Bumi Aksara.

Heryati, A. (2020). Analisis Pengendalian Biaya Operasional Dalam meningkatkan Laba Pada PT. Cakra Berlian Utama Muara Enim.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabiilitas Publik. Jakarta. Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Irman, M., Samosir, T. L., & Suryani, L. H. (2020). Analisa Anggaran Biaya Operasional Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Dalam Meningkatkan Laba Pada PT. Kimia Farma Trading And Distribution Pekanbaru. In Jurnal Ilmiah Akuntansi (Vol. 4, Issue 1). http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/BILANCIA/index

Jusuf, J. (2010). Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka.

Jusuf. (2021). Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Bandung. Raja Grafindo Persada.

Kezia Viktoria Rumondor, G., Gamaliel, H., Lambey, R., Ekonomi dan Bisnis, F., & Akuntansi, J. (2023). Analisis Pendapatan Dalam Meningkatkan Laba Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Heine Hotel Manado Income Analysis in Increasing Profit During the Covid-19 Pandemic At Heine Hotel Manado (Vol. 6, Issue 2).

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Murni. (2018). Pengaruh Biaya Operasional dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi. (Vol.4 No.1).

Nafarin. (2007). Penganggaran Perusahaan. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Ningsih. (2016). Pengaruh Likuiditas, Kepemilikan Intusisional, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi. (Vol. 1 No.2).

Samryn, L. M. (2011). Pengantar Akuntansi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sochib. (2018). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta. Deepublish.

Subramanyam. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Supriyono. (2011). Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Biaya Pokok. Yogyakarta. BPFE.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan. Yogyakarta. Ekonisia.

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.

Toto Prihadi. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Weni Pradnyamita, M., Cipta, W., & yudiaatmaja Jurusan Manajemen, F. (2016). Pengaruh Penyaluran Kredit Dan Pendapatan Operasional Terhadap Laba Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR). In Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Vol. 4).

Winarso, W. (2014). Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas (ROA) PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Jurnal Ecodomica. (Vol. 2).

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Rahma, N. D., & Ruzikna, R. (2024). Analisis Biaya Operasional Dan Pendapatan Dalam Meningkatkan Laba Pada PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4532–4550. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4772