Upaya Pencegahan Resiko Tinggi Pada Kehamilan Di Desa Muntoi Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara

  • Muzayyana STIKES Graha Medika

Abstract

Berdasarkan data  yang diperoleh di Puskesmas Passi Barat di Desa Muntoi resiko tinggi pada kehamilan sering dialami dan menempati urutan pertama tanda dan gejala paling banyak dirasakan tahun 2019 . Masyarakat Desa Muntoi termasuk masyarakat Pedesaan yang masih kurang informasi tentang tanda gejala resiko tinggi pada kehamilan. Permasalahan di Desa Muntoi yakni Pengetahuan masyarakat mengenai resiko tinggi pada kehamilan serta bagaimana cara penaggulangan serta penatalaksanaannya masih kurang sehingga perlu diberikan penyuluhan tentang resiko tinggi pada kehamilan serta pencegahan dan penatalaksanaannya; Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang resiko tinggi pada kehamilan dan pencegahannya untuk mencegah terjadinya resiko tinggi pada ibu hamil, sehingga perlunya pemberian informasi cara pencegahan dan langkah yang diambil jika terjadi salah satu dari resiko tinggi pada kehamilan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khusunya ibu hamil di Desa Muntoi mengenai dampak resiko tinggi pada kehamilan serta bagaimana cara penaggulangan serta penatalaksanaannya. Metode yang digunakan adalah ceramah interaktif, tanya jawab, dan evaluasi. Hasil penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan ibu hamil mengenai resiko tinggi pada kehamilan, pencegahan dan penatalaksanaannya.

 Perlunya dilakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait dampak dampak resiko tinggi pada kehamilan serta bagaimana cara penaggulangan serta penatalaksanaannya di masyarakat khususnya ibu hamil.

Keywords : Resiko Tinggi Pada Kehamilan, Pengetahuan, Pencegahan Resiko Tinggi Pada Kehamilan.

References

Astuti, Sri, dkk. 2017. KehamilanBuku Ajar Kebidanan-Antenatal Care; Erlangga, Yogyakarta.
Aryawati Wayan. 2016. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. Vol.05 hal.86-93
Basu ,M, S. Mukerji, S. K. Doumouchtsis. (2014). Perineal Trauma in Women Undergoing Vaginal Delivery Following Intra-Uterine Fetal Demise: A Case–Control Analysis. Original Article: Int Urogynecol J 25:61–64. DOI 10.1007/s00192-013-2148-1.
Christiyanti, Joan, dkk. 2014. PersepsiIbuHamilDenganFaktorResiko Tinggi Kehamilan.
Hidayah, P., & Wahyuningsih, H. P. (2018). Hubungan Tingkat Risiko Kehamilan dengan Kejadian Komplikasi Persalinan di RSUD Panembahan Senopati Bantul, 3(1).
Kementerian Kesehatan RI. 2013. Hasil Riset Kesehatan Dasar (SDKI). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI
Kementerian Kesehatan RI. Profi kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2013
Nuraisyah W, 2018 Jurnal Kesehatan Andalas.Prodi D3 Kebidanan STIKES Karya Husada Kediri
Nuke Devi Indrawati, D. (2016). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Resiko Tinggi dengan Penyuluhan Berbasis media. RAKERNAS AIPKEMA.
Purmahardini, N. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Kehamilan Resiko Tinggi di Bidan Praktik Mandiri Sutartik,S.ST Kabupaten Pemekasan Tahun 2016. Vary Midwifery Journal.
Suparni, Milatun Khanifah, F. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan bidan dalam pemanfaatan buku KIA untuk deteksi dini ibu hamil resiko tinggi.
Syahdah, S. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Resiko Tinggi Dalam Kehamilan Diwilayah Kerja PUSKESMAS Kampar. ISSN 2580-3123, 2 No.2 Tah.
Published
2020-07-18
How to Cite
Muzayyana. (2020). Upaya Pencegahan Resiko Tinggi Pada Kehamilan Di Desa Muntoi Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara . Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 58-63. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.111