Pendampingan Produksi Kulit Singkong Menjadi Mocaf pada UD. Kreasi Lutvi

  • Fitri Dian Nila Sari Irawadi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Rara Astili Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu sampai saat ini kulit singkong masih belum dimanfaatkan secara optimal. mitra hanya memanfaatkan kulit singkong untuk pakan ternak atau bahkan hanya dibuang, padahal kulit singkong masih mengandung zat gizi.. Solusi yang ditawarkan adalah meningkatkan kemampuan mitra dalam mengolah limbah kulit singkong menjadi tepung; menerapkan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mengembangkan dan memperkenalkan produk baru kepada mitra, salah satunya dengan media online. Tujuan dari kegiatan ini adalah Mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi;  menambah nilai jual kulit singkong. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah, demonstrasi, pelatihan dan bimbingan dalam proses pembuatan tepung mocaf dari limbah kulit singkong. Evaluasi dilakukan terhadap semua kegiatan terutama pada produk tepung yang dihasilkan. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan ternyata lebih dari 50% dari peserta pelatihan paham terhadap materi yang disampaikan walaupun masih ada sebesar 25% yang hanya cukup paham. Aplikasi pengolahan tepung mocaf dari kulit singkong terdapat 10% dari peserta akan aktif melanjutkan kegiatan baik untuk konsumsi keluarga, dan dijual walaupun sebagian besar peserta kegiatan menyatakan untuk konsumsi keluarga (75%).

Kata Kunci:, produksi, mocaf, kulit singkong

References

Anindita, P. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu, Pendapatan Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc Dengan Stunting (Pendek) Pada Balita Usia 6 – 35 Bulan Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Arista Lukmayanti. (2012). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. British Journal Of Psychiatry. Https://Doi.Org/10.1192/Bjp.205.1.76a
Aro, S. O., Aletor, V. A., Tewe, O. O., & Agbede, J. O. (2010). Nutritional Potentials Of Cassava Tuber Wastes: A Case Study Of A Cassava Starch Processing Factory In South-Western Nigeria. Livestock Research For Rural Development.
Hardono. (2013). Analisis Dinamika Konsumsi Pangan Masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan Ri.
Jailani, M., Rusdarti, R., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal Of Economic Education. Https://Doi.Org/10.15294/Jeec.V6i1.14701
M.Fikriamri Amir, E. A. (2014). Analisis Konsumsi Masyarakat Indonesia Sebelum Dan Setelah Krisis Ekonomi M.Fikri, Amri Amir, Erni Achmad Program Magister Ilmu Ekonomi Fak.Ekonomi Universitas Jambi. Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah Vol. 1 No. 3, Januari-Maret 2014.
Nilakesuma, A., Jurnalis, Y. D., & Rusjdi, S. R. (2015). Hubungan Status Gizi Bayi Dengan Pemberian Asi Ekslusif, Tingkat Pendidikan Ibu Dan Status Ekonomi Keluarga Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Pasir. Jurnal Kesehatan Andalas.
Nugroho, Anung Prasetya; Suroto, K. S. (2017). Dinamika Keanekaragaman Pola Konsumsi Pangan Berbasis Agribisnis Di Kabupaten Mageta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 1(3), 11–18. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Purwaningsih, N. P. S. J. S. S. (2014). Karakteristik Beras Tiruan Dengan Penambahan Rumput Laut Eucheuma Cottonii Sebagai Sumber Serat Pangan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis.
Puspitasari, N. (2018). Kejadian Obesitas Sentral Pada Usia Dewasa. Higeia (Journal Of Public Health Research And Development). Https://Doi.Org/10.15294/Higeia.V2i2.21112
Richana, N. (2012). Ubi Kayu Dan Ubi Jalar: Botani - Budidaya, Teknologi Proses Teknologi Pascapanen. Bandung: Nuansa Cendekia.
Rukmana, R. (2012). Ubi Kayu, Budi Daya Dan Pascapanen (9th Ed.). Yogyakarta: Kanisius.
Sari, Fitri Dian Nila; Jairani, E. N. (2019). Uji Daya Terima Dan Kandungan Gizi Bolu Kukus Dari Tepung Kulit Singkong. Dunia Gizi, 2(1), 1–11. Retrieved From Http://Ejournal.Helvetia.Ac.Id/Index.Php/Jdg/Article/Download/2982/246
Suryana, A. (2009). Penganekaragaman Konsumsi Pangan Dan Gizi: Faktor Pendukung Peningkatan Kualitas Sumber Daya Masyarakat. Departemen Pertanian Ri.
Suyastiri, N. M. (2008). Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Berbasis Potensi Lokal Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumahtangga Pedesaan Di Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Ekonomi Pembangunan.
Winaktu, G. J. (2011). Peran Serat Makanan Dalam Pencegahan Kanker Kolorektal. Jurnal Kedokteran M.
Published
2020-07-24
How to Cite
Irawadi, F. D. N. S., & Astili, R. (2020). Pendampingan Produksi Kulit Singkong Menjadi Mocaf pada UD. Kreasi Lutvi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 90-97. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.116