Pemberian Edukasi Mengenai Obesitas pada Remaja di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu

  • Hairil Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Graha Medika

Abstract

Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah gizi ganda salah satunya adalah obesitas pada remaja. Data Riskesdas tahun 2013 menunjukkan bahwa remaja dengan usia 13–15 tahun memiliki prevalensi overweight dan obesitas sebanyak 8,3% dan 2,5%. Di Indonesia, terutama di kota-kota besar, dengan adanya perubahan gaya hidup yang menjurus ke westernisasi dan sedentary berakibat pada perubahan pola makan/konsumsi masyarakat yang merujuk pada polamakan tinggi kalori , tinggi lemak dan kolesterol, terutama terhadap penawaran makanan siap saji (fastfood) yang berdampak meningkatkan risiko obesitas. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu mengenai obesitas pada remaja. Metode yang digunakan berupa ceramah interaktif dan pengukuran IMT pada siswa. Hasil penyuluhan terdapat peningkatan pengetahuan siswa mengenai obesitas pada remaja serta terdapat beberapa siswa yang memiliki IMT tergolong overweight. Perlunya para siswa untuk menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta mengurangi mengkonsumsi makanan siap saji.

Keywords: Edukasi, Obesitas, Remaja

References

Barasi Me. (2007). At a Glance ilmu gizi. Erlangga Medical Series.
Jayanti Ayu Praditasari., S. S. (2018). Asupan Lemak dan Aktivitas Fisik dengan Obesitas pada Remaja Putri di SMP Bina Insani Surabaya. Media Gizi Indonesia, 13(2).
Kemenkes RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar Nasional. Kemenkes RI.
Mokolensang, O. G., & Manampiring, A. E. F. (2016). Hubungan Pola Makan dan Obesitas pada Remaja di Kota Bitung. Jurnal E-Biomedik (EBm), 4(1), 128–135.
Shrimpton, R. & Rokx, C. (n.d.). The double burden of walnutrition in Indonesia. World Bank.
Sudoyo AW, Setiyohadi B, A. I., & Simadibrata M, S. S. (2014). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II edisi VI. Interna Publishing.
Syamsinar Wulandari., Hariati Lestari., A. F. F. (2016). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Obesitas pada Remaja di SMA Negeri 4 Kendari Tahun 2016. Universitas Halu Oleo.
Published
2020-08-08
How to Cite
Akbar, H. (2020). Pemberian Edukasi Mengenai Obesitas pada Remaja di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indramayu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.123
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 252 times