Edukasi Table Top Terhadap Pengetahuan Mitigasi Gempa Bumi Siswa Remaja SMA Negeri 3 Kotamobagu

  • Ake R.C Langingi STIKES Graha Medika

Abstract

Indonesia sering mengalami bencana disebabkan karena terletak di antara empat lempeng Benua Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Pasifik. Potensi bencana yang sering terjadi yang memaksa kita harus mempersiapkan masyarakat agar mempersiapkan agar tidak memakan korban yang banyak saat terjadi gempa bumi. Siswa SMA N 3 Kotamobagu adalah remaja yang memiliki potensi untuk diberikan Pelatihan tentang mitigasi table top disaster exercise earthquake pencegahan bencana gempa bumi. Berbekal telah terbentuk Tim atau kelompok Kader Kesehatan Remaja namun belum memiliki pengetahuan dan perlu dibekali tentang table top. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi siswa SMAN 3 Kotamobagu mengenai table top. Metode yang digunakan adalah metode ceramah interaktif dan tanya jawab, metode pre test, intervensi dan post test. Hasil penyuluhan dan pelatihan terdapat peningkatan pengetahuan tentang Table Top dan upaya mitigasi saat bencana. Perlunya dilakukan penyuluhan dan sosialisasi secara berkesinambungan dari pihak terkait dan sekolah khususnya dalam hal Pelatihan Mitigasi agar korban bencana dapat diminimalisir.

Keywords: Edukasi, Table Top, Pengetahuan, Mitigasi Gempa Bumi.

References

Addiarto, W., and Yunita. 2019. “Aplikasi Media Tabletop Disaster Exercise (Tde) Untuk Meningkatkan Kesadaran Dalam Menghadapi Bencana.” Aplikasi Media: 593–98.
Addiarto, Widya, and Shinta Wahyusari. 2018. “Efektivitas Tabletop Disaster Exercise (TDE) Sebagai Media Simulasi Dalam Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Triage Dan Alur Rujukan Korban Bencana.” JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan) 2(1): 12–22.
Anika, Nova, Yusuf Ah, and Tristiana R. D. 2019. “Pengalaman Adaptasi Remaja Pasca Bencana Gempa Di Lombok Nusa Tenggara Barat.” Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa) 1(2): 29–35.
Arimastuti. 2011. “Tahapan Proses Komunikasi Fasilitator Dalam Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana.” Jurnal Penanggulangan Bencana 2(2): 24–33.
Ikhda, U., B. R. Kusumaningrum, and I. S. Rini. 2020. “Getting Ready For Earthquake Disaster With Tabletop Exercise For Disaster Management.” 8(1): 22–29.
Kusyairi, Achmad, and Widya Addiarto. 2019. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Self Awareness Masyarakat Dalam Melakukan Mitigasi Bencana Di Area Rawan Bencana Gunung Bromo Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura – Probolinggo.” JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan) 2(2): 42–47.
Langingi, A. R. C. et al. 2020. “Edukasi Keselamatan Diri Penghuni Panti Asuhan Pononiungan Pada Kondisi Gempa Bumi.” 1(2): 1–6.
Published
2020-08-10
How to Cite
Langingi, A. R. (2020). Edukasi Table Top Terhadap Pengetahuan Mitigasi Gempa Bumi Siswa Remaja SMA Negeri 3 Kotamobagu . Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 14-20. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.128
Abstract viewed = 52 times
PDF downloaded = 160 times