Sistem Penjulan Terkomputerisasi bagi Produk Tenun Songket Melayu Riau Cahaya Kemilau

  • Astri Ayu Purwati Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Muhammad Luthfi Hamzah UIN Suska Riau
  • Mimelientesa Irman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sarli Rahman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Abstract

Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Kegiatan perbaikan sistem pencatatan produksi dan penjualan ini di lakukan pada mitra UKM Cahaya Kemilau dimana sebelumnya Cahaya Kemilau memiliki keterbatasan dalam pengelolaan produksi dan keuangan. Semua pencatatan masih manual dan tidak terkontrol dengan baik oleh pemilik/manajer Cahaya Kemilau. Kegiatan yang menyediakan sistem Pencatatan Produksi dan Penjualan (keuangan) bagi UKM Tenun Songket Cahaya Kemilau yang disertai dengan pelatihan dan pendampingan mampu meningkatkan kemampuan pengelola untuk lebih peduli dalam menghasilkan manajemen produksi dan keuangan yang baik.

Kata kunci : Manajemen, Produksi, Keuangan, Sistem

References

Gaol, C. J. L. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Grasindo.
Suryati, B. E. P. (2010). Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science-Speed (IJCSS), 13, 1979-933.
Wibowo, A. (2008). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi.
Published
2020-08-13
How to Cite
Purwati, A. A., Hamzah, M. L., Irman, M., & Rahman, S. (2020). Sistem Penjulan Terkomputerisasi bagi Produk Tenun Songket Melayu Riau Cahaya Kemilau. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 58-63. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.139
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 31 times