Pengembangan Gerang Pedet Melalui Metode Enthrepreneurship Capasity Building (ECB)

Authors

  • Riana Dewi Kartika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Putu Eka Nopiyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Gusti Putu Eka Kusuma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

DOI:

https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.140

Abstract

Tujuan dalam pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan penjualan Gerang Pedet  dengan inovasi produk, penjualan berbasis internet marketing, meningkatkan jiwa entrepreneurship dan meningkatkan pengetahuan di bidang keuangan untuk kelompok Nelayan Windu Sari Desa Banjar. Metode yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan yaitu ceramah, diskusi dan demonstrasi. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini berjalan dengan lancar. Hal tersebut dapat dilihat dari keantusiasan mereka mengikuti kegiatan sampai akhir. Dapat disimpulkan bahwa program ini mampu memberikan manfaat dan nilai tambah bagi pengembangan produk Gerang Pedet kelompok Nelayan Windu Sari di Desa Banjar.

Kata Kunci: Gerang Pedet, Inovasi, Desa Banjar

References

BPS Provinsi Bali 2018 https://bali.bps.go.id/statictable/2018/04/10/47/luas-wilayah-dan-letak-geografis- pulau-bali-dan-kabupaten-kota.html
Sudjana, D. (2004) Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.
Kasmir.(2006).Kewirausahaan.Jakarta:PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Arifin Z, 2006. Konsentrasi spasial industry manufaktur berbasis perikanan di Jawa Timur (Studi Kasus Industri Besar an Sedang). Jurnal Akuntansi UMM.
Rustiadi, Eman. 2003. Pengembangan Wilayah Pesisir Sebagai Kawasan Strategis Pembangunan Daerah. Makalah, Disampaikan Kepada Staf Dinas Perikanan dalam Pelatihan Pengelolaan dan Perencanaan Wilayah Pesisir Secara Terpadu (ICZPM), kerjasama PKSPL IPB dengan Departermen Kelautan dan Perikanan. 11 Agustus -18 Oktober 2003, di Bogor.

Downloads

Published

2020-08-14

How to Cite

Kartika, R. D., Nopiyani, P. E., & Kusuma, G. P. E. (2020). Pengembangan Gerang Pedet Melalui Metode Enthrepreneurship Capasity Building (ECB) . Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 77–84. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.140