Pemanfaatan Buah Nanas (Ananas comosus L.) Sebagai Antioksidan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Era Pandemi Covid 19

Authors

  • Moh. Rivaldi Mappa Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Moh. Rasyid Kuna Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Hairil Akbar Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika

Keywords:

Antioksidan, Nanas, Kotamobagu

Abstract

Coronavirus adalah kelompok virus yang menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Penyebaran virus ini sangat cepat sehingga semua negara di dunia tak terkecuali di Indonesia yang tentu saja membuat semua orang khawatir akan terjadi penularan yang lebih massif, maka diperlukan upaya nyata untuk mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat dalam memanfatkan tumbuhan endemik daerah salah satunya tumbuhan nanas, Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat (dosen dan mahasiswa) mengenai manfaat buah nanas sebagai antioksidan. Kegiatan pengabdian dilakukan di Kampus Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu. Langkah pertama yang dilakukan pada pengabdian ini adalah mencari informasi mengenai kandungan buah nanas yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan dari berbagai jurnal penelitian baik nasional maupun internasional dan langkah selanjutnya yaitu proses pelaksanaan pengabdian masyarakat. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah buah nanas memiliki kemampuan untuk meningkatkan imunitas karena terdapat sejumlah derivat yaitu senyawa fenolik seperti asam fenolik, flavonoid, tanin, lignin, nonfenolik seperti karotenoid dan vitamin C yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan antikarsinogenik. Beberapa penelitian juga melaporkan bahwa buah nanas merupakan sumber antioksidan dari berbagai kandungan fitokimia senyawa fenolik dan flavonoid, dimana antioksidan bekerja dengan menangkap radikal bebas, sehingga dapat menghambat proliferasi sel kanker dan menjadi agen antikanker.

Kata Kunci : Antioksidan, Nanas, Kotamobagu

References

Abdurrahmat, Fathoni. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta. 2020

Anuar Syukur. 2010. Lobong Lumbung Nanas Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Kotamobagu.

Badarinath A, Rao K, Chetty CS, Ramkanth S, Rajan T, & Gnanaprakash K. A Review on In-vitro Antioxidant

Ferreira, E. A., Siqueira, H. E., Hermes, V. S., & Rios, A. D. O. (2016). Bioactive Compounds and Antioxidant Activity Of Pineapple Fruit of Different Cultivars. Rev. Bras. Frutic. 8(3), e-146.

Hatam, S. F., Suryanto, E., & Abidjulu, J. (2013). Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak Kulit Nanas (Ananas comosus (L) Merr). J. Ilmiah Farmasi–UNSRAT, 2(1), 8-11.

Kumalaningsih, S . 2006. Antioksidan Alami Penangkal Radikal Bebas, Sumber manfaat ,Cara penyediaan, dan Pengolahan. Surabaya : Trubus. Agrisarana.

Lu, X. H., Sun, D. Q., Wu, Q. S., Liu, S. H., & Sun, G.M. (2014). Physico-Chemical Properties, Antioxidant Activity and Mineral Contents of Pineapple Genotypes Grown in China. Molecules, 19, 8518-8532.

Sahidi, F. & Naczk, M. 1995. Food Phenolics. Lancaster-Basel: Tecnomicpub. Co. Inc.

Pambudi YB. 2017. Uji Aktivitas Antioksidan dan Penetapan Kadar Bromelain terhadap Bovine Serum Albumin (BSA) dari Ekstrak Kulit Buah Nanas [Skripsi]. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Moh. Rivaldi Mappa, Moh. Rasyid Kuna, & Hairil Akbar. (2021). Pemanfaatan Buah Nanas (Ananas comosus L.) Sebagai Antioksidan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Era Pandemi Covid 19 . Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(3), 63–67. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/294