Edukasi Pemanfaatan Hasil Olahan Buah Nanas Bagi Mahasiswi Usia Subur di Institut Kesehatan Dan Teknologi Graha Medika

Authors

  • Sitti Nurul Hikma Saleh Program studi D-III Kebidanan, Institut Kesehatan Dan Teknologi Graha Medika
  • Agustin Agustin Program Studi D-III Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Muzayyana Muzayyana
  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas kesehatan, Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika

Abstract

Wanita usia subur cenderung menderita anemia dikarenakan wanita mengalami menstruasi setiap bulan, dan ini akan diperberat jika asupan zat besi dari makanan sehari-hari rendah. Wanita usia subur yang mengalami anemia gizi besi akan mudah sakit karena daya tahan tubuh yang rendah, sehingga produktivitas belajar mahasiswa akan menurun. Salah satu buah yang bermanfaat untuk meningkatkan Hb adalah mengkonsumsi buah nanas, selain asupan tablet Fe pada wanita. Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C dan dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. buah nanas merupakan sumber fitokimia termasuk bioflavonoid dan tannin, juga sangat kaya akan anti oksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan ceramah, dan diskusi tentang cara pengolahan dan pemanfaatan buah nanas pada wanita usia subur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2021. Sasaran kegiatan aitu mahasiswa pada usia subur yang telah berusia > 18 Tahun. Pengolahan buah nanas dilakukan menggunakan buah nanas yang berkualitas baik. mahasiswa telah memahami tentang pengolahan dan manfaat mengkonsumsi buah nanas. Buah nanas merupakan buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Kandungan gizi dari nanas antara lain, vitamin C 79%, vitamin B6 5%, vitamin A 1%, besi 1%, magnesium 3% , folat dan zat lainnya.  Buah nanas sangat baik untuk meningkatkan hemoglobin bagi para siswi usia subur di Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika, dengan kegiatan ini mahasiswa mulai memahami terkait cara pengolahan dan tentang Manfaat mengkonsumsi buah nanas untuk meningkatkan hemoglobin pada wanita usia subur.

Kata Kunci: Edukasi, Olahan Buah, Buah Nanas, Usia Subur

References

Almatsier, S. (2012). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Annisa , M., Arinda , L. S., & Firda, A. (2019). Intervensi Jus Bayam Dengan Nanas Terhadap Kadar Hemoglobin Tius Wistar Anemia. Prosiding Seminar Nasional INAHCO (hal. 183-191). Jember: publikasi.polije.ac.id. Diambil kembali dari https://publikasi.polije.ac.id/index.php/inahco/article/view/1784/0

Darawati, M. (2016). Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC.

Guntur. (2018). Vitamin C sebagai faktor domain untuk kadar hemoglobin pada wanita usia 20-35 tahun. Jurnal Kedokteran Trisakti, 23-30.

Jatmiko, N. D. (2020, 8 15). Bromelain Di Temukan Di Batang Buah Nanas. Diambil kembali dari Pikiran rakyat.com: https://ringtimesbanyuwangi.pikiranrakyat.com/gaya-hidup/pr-17374442/bromelain-di-temukan-di-batang-buah-nanas

Kamalia, A., Sulistyaningsih, E., & Sugiyanta. (2014). Terapi Nutrutif Modifikasi Modisco menggunakan Ekstrak Nanas Meningkatkan Hemoglobin pada Tikus Wistar KEP Berat. Jurnal Pustaka Jesehatan, 17-22.

KEMKES RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Badan Litbangdepkes.

Lawal, D. (2013). Medicinal, Pharmacological and Phytochemical Potentials of Annona comsus Linn. Peel – A Review. Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, 101-104.

Widiastuti, S., & Dieni, F. F. (2016). Faktor Determinan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Wanita. Jurnal Gizi Indonesia, 28-37.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Saleh, S. N. H., Agustin, A., Muzayyana, M., & Hairil Akbar. (2021). Edukasi Pemanfaatan Hasil Olahan Buah Nanas Bagi Mahasiswi Usia Subur di Institut Kesehatan Dan Teknologi Graha Medika. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(3), 52–56. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/297