Pelatihan Konvergensi Stunting Untuk Kader Posyandu Balita Di Desa Karya Mulia Kec. Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih

Authors

  • Romsa Endrekson STIE Prabumulih
  • Reka Gusti Tania STIE Prabumulih

Abstract

Pemerintah telah meluncurkan Strategi Percepatan Penurunan Stunting pada bulan Agustus 2017. Salah satu pilar pada Strategi Percepatan Penurunan Stunting menekankan pentingnya konvergensi intervensi Gizi Spesifik dan Gizi Sensitif di tingkat Pusat, Daerah, dan Desa. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak yang disebabkan karena kekurangan asupan gizi dalam waktu lama, infeksi berulang, dan kurangnya stimulus psikososial. Seiring dengan semakin intensif  dan prioritas pencegahann dan penanganan stunting di desa pemerintah meluncurkan sebuah aplikasi yang berbasis Android yang bernama Electric Human Development Wokers (eHDW) atau eliktrik Kader Pembangunan Manusia (KPM). Pelatihan penggunaan aplikasi eHDW yang baru dikenal oleh KPM, akan menjadi sangat penting baginya  dalam melaksanakan tugas kesehariannya. Karena Aplikasi eHDW ini baru diharapkan dapat mempermudah dan meringankan tugas KPM dalam melaporkan hasil kegiatannya secara online . Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang Kader Pembangunan Manusia yang tergabung dalam kelompok Kader Posyandu Balita di Desa Karya Mulia Kec. Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah metode klasikal dan praktek dengan pola pendidikan orang dewasa (andragogi) dimana peserta diharapkan lebih banyak berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, sedangkan narasumber lebih bertindak sebagai fasilitator. Materi pelatihan disampaikan dengan metode ceramah, curah pendapat, tanya jawab dan praktek. Kegiatan Pelatihan telah memberikan banyak manfaat kepada para peserta  berupa peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas dan penggunaan aplikasi eHDW untuk pelaporan KPM. Peserta memberikan respon yang baik dengan banyak bertanya, berdiskusi dan memberikan pendapat terhadap materi yang disampaikan narasumber.

 

Keywords: Stunting; Kader Pembangunan Manusia; eHDW

References

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (2017). Buku Saku Desa Dalam Penanganan Stunting. Kemendes. Jakarta.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (2018). Buku Saku Kader Pembangunan Manusia Memastikan Konvergensi Penanganan Stunting Desa. Kemendes. Jakarta.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. (2018). Pedoman Umum Kader Pembangunan Manusia. Kemendes. Jakarta.

Tim Pusdatim Kemendes. (2020). Panduan Menggunakan Apikasi eHDW. Kemendes. Jakarta.

https://youtu.be/qjaReKk_Lto Tutorial Penggunaan Aplikasi eHD

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Endrekson, R. ., & Tania, R. G. (2021). Pelatihan Konvergensi Stunting Untuk Kader Posyandu Balita Di Desa Karya Mulia Kec. Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(3), 97–101. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/319