Manajemen Pengembangan Produk Unggulan Tenun Songket Melayu Riau pada UKM Cahaya Kemilau

Authors

  • Astri Ayu Purwati Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Muhammad Luthfi Hamzah UIN Suska Riau
  • Mimelientesa Irman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sarli Rahman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Yenny Desnelita Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Silvia Sari Sitompul Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Yusrizal Yusrizal Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Abstract

Cahaya Kemilau merupakan salah satu usaha kerajinan songket melayu yang memperoduksi beberapa jenis songket melayu Riau serta menyediakan bermacam souvenir khas Riau yang terbuat dari tenun. Tenun Songket Melayu merupakan produk unggulan daerah Provinsi Riau. Adapun masalah dari mitra Cahaya Kemilau ini meliputi : 1) Supplai bahan baku mitra yang selama ini masih terbatas dengan kualitas yang masih standar sehingga mengganggu aktivitas produksi, 2) kurangnya mesin produksi, alur kerja produksi dan sistem inventory yang masih lemah, 3) desain layout yang kurang bagus dan penataan ruang produksi yang tidak efisien dan serta proses kerja yang belum sesuai standar mutu (SKKNI), 4) jumlah produk yang dihasilkan masih kurang dalam memenuhi permintaan serta belum adanya jaminan kualitas produk dan HKI. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari perbaikan tata letak workshop produksi dan showroom penjualan, pelaksanaan pelatihan menenun dan sosialisasi pengelolaan produksi dan keuangan. Hasil pelaksanaan program ini juga menunjukkan peningkatan peroduksi, penjualan, kualitas pengelolaan, keterampilan, pengetahuan, motivasi dan kepuasan para peserta yang di tunjukkan dari hasil kuesioner yang diberikan kepada peserta sebelum dan sesudah kegiatan.

Kata Kunci : Tenun, Melayu, Produk Unggulan Daerah

References

Nurhasanah, S. (2015). Pelatihan pendamping sosial dalam meningkatkan kemampuan fasilitasi program kelompok usaha bersama. Pedagogia, 13(3), 205-217.

Purwati, A. A., Hamzah, M. L., Irman, M., & Rahman, S. (2021). Sistem Penjulan Terkomputerisasi bagi Produk Tenun Songket Melayu Riau Cahaya Kemilau. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 58-63.

Ratna, I. T. (2009). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Departemen Outgoing Quality Control Di PT. INdonesia Epson Industry Cikarang (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Purwati, A. A., Hamzah, M. L., Irman, M. ., Rahman, S. ., Desnelita, Y., Sitompul, S. S. ., & Yusrizal, Y. (2021). Manajemen Pengembangan Produk Unggulan Tenun Songket Melayu Riau pada UKM Cahaya Kemilau. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(3), 68–79. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/321