Pelatihan Program Statistic Product and Service Solution (SPSS) bagi Mahasiswa dan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi

  • Hariman Syaleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi
Keywords: jurnal, skripsi, tesis, disertasi, SPSS

Abstract

Seiring berkembangnya teori dan metode dalam penyusunan karya ilmiah baik jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi, saat ini sudah banyak metode yang dapat digunakan dalam penyelesaian metode-metode tersebut yang sebelumnya diselesaikan dengan program microsoft excel dan statistik yang membutuhkan waktu yang sangat lama, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa dan dosen dapat lebih mudah dalam menyelesaikan msalahnya baik dalam penulisan karya ilmiah, jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi. Pemahaman konsep akan tercapai bila mahasiswa dan dosen diberi kesempatan untuk memperaktekkan bagaimana cara mengolah data mentah dengan program Statistic Product and Service Solution (SPSS) serta bagaimana cara meng analisa hasil output berupa angka-angka dan juga grafik sehingga diperoleh kesimpulan yang baik dan dapat memberikan kebijakan dan masukan bagi tempat penelitian. Mahasiswa dan dosen masih mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian karya ilmiah baik jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi karena kurangnya pemahaman di bidang program SPSS ini. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka dilaksanakan sosialisasi serta pelatihan kepada mahasiswa dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi yang tergabung dalam Yayasan Indonesia Raya. Selama kegiatan para mahasiswa dan dosen sangat tertarik dan antusias memahami dan memperaktekkan program SPSS ini sebagai solusi atas permasalahan dibidang karya ilmiah baik jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi yang selama ini dialami.

References

Elliot. 2000. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjendikti. Jakarta.

Tim MGMP. 2005. Perangkat Pembelajaran. Tim MGMP Matematika SMP Kota Semarang. Semarang.

Published
2020-01-08
How to Cite
Syaleh, H. (2020). Pelatihan Program Statistic Product and Service Solution (SPSS) bagi Mahasiswa dan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(1), 14-21. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i1.42