Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Gejala Defisiensi Vitamin Pada Tubuh Manusia Pada Puskesmas

  • Ranti Eka Putri Universitas Pembangunan Pancabudi
  • Rika Widya Universitas Pembangunan Pancabudi
Keywords: Sistem Pakar, Defisiensi, Vitamin, Backward Chaining, Web

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Sistem Pakar dengan metode Backward Chaining. Rancangan aplikasi dari Sistem Pakar itu sendiri dirancang dengan berbasis web, karena dengan aplikasi berbasis web dapat membantu proses penyebaran informasi dan pengetahuan dengan daerah penyebaran yang lebih luas. Vitamin merupakan nutrien organic yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimiawi dan yang umumnya tidak disintesis oleh tubuh. Vitamin mempunyai berbagai fungsi yang essensial dalam proses metabolisme tubuh yang normal. Kekurangan atau defisiensi terhadap vitamin dapat menjadi masalah bagi kesehatan manusia  sehingga menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh.  Untuk membantu orang-orang dalam mengetahui gejala-gejala defisiensi tiap-tiap vitamin pada tubuh yang dapat dilihat dan dirasakannya tanpa harus melakukan konsultasi ke ahli gizi atau dokter, maka perlulah di implementasikan sebuah sistem pakar untuk diagnosa defisiensi vitamin.

References

Destarianto, P., Yudaningtyas, E., & Pramono, S. H. (2013). Penerapan Metode Inference Tree dan Forward Chaining dalam Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Kedelai Edamame Berdasarkan. 7(1), 21–27.

Rusdiana, V., Studi, P., Fakultas, B., Universitas, K., Utara, S., & Vitamin, I. P. (2004). Digitized by USU digital library 1. 6, 1–11.

Saputra, E., Julievi, N., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., & Farmasi, I. (2012). Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakolgi dan Terapi Menggunakan Metode Pelacakan Forward Chaining. 10(1), 106–114.

Tarigan, F. A. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ginjal dengan Metode Backward Chaining. III(2), 25–29.

Yanti, E. F. (n.d.). Penerapan Metode Forward Dan Backward Chaining Dalam Sistem Pakar Pemilihan Resep. 1–13.

Published
2020-01-08
How to Cite
Eka Putri, R., & Widya, R. (2020). Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Gejala Defisiensi Vitamin Pada Tubuh Manusia Pada Puskesmas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(1), 8-13. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i1.43