PKM Optimalisasi Kreatif Ekonomi Angkatan Muda Muhammadiyah Melalui Inovasi Jasa Desain Grafis
DOI:
https://doi.org/10.37385/ceej.v5i3.6186Keywords:
Ekonomi kreatif, desain grafis, pendampingan, pelatihan, pengembangan bisnisAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat berfokus pada pengembangan kemampuan ekonomi kreatif di kalangan Angkatan Muda Muhammadiyah melalui usaha jasa desain grafis (Digrapich) kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota Angkatan Muda Muhammadiyah dalam bisnis jasa desain grafis (Digrapich) dengan tujuan agar lebih kompeten dan dapat mengembangkan bisnis mereka dalam pasar ekonomi kreatif. Pendekatan yang digunakan meliputi pelatihan tentang penggunaan perangkat lunak desain grafis, pengembangan bisnis, pendampingan dalam strategi kerjasama dan promosi, serta penyediaan alat desain seperti tablet grafik, scanner, dan printer. Kegiatan ini dilaksanakan selama enam bulan, dengan fokus pada pendampingan berkelanjutan dan evaluasi akhir. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra menghadapi tantangan seperti minimnya peralatan, kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang desain grafis, dan keterbatasan keterampilan manajemen bisnis. Dengan pelatihan dan pendampingan yang tepat, diharapkan mitra dapat meningkatkan kualitas bisnis dan memastikan kelangsungan dan kesuksesan usaha mereka di masa depan, serta berkontribusi pada pengembangan ekonomi kreatif.
References
Carayannis E, C. D. (2010). Triple helix, Quadruple helix and Quintuple helix and how do Knowledge, Innovation and the Environment relate to Each other? a proposed framework for a trans-disciplinary analysis of sustainable development and social ecology. Internasional Journal of Social Ecology and Sustainable Development, 1(1) 41-69.
Darma Diraawan G, M. A. (2022). PKM Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMA Negeri 3 Gowa. Hasil Pengabdian Masyarakat, 9(1) 107-109.
Dewi R, V. W. (2021). Pelatihan Desain Grafis Dengan Pemanfaatan Software Photoshop Sebagai Peluang Usaha. JUDIMAS, 2(1) 53.
Haryani. (2024). Pelatihan Desain Grafis Aplikasi Corel Draw Bagi Pemuda Pemudi Karang Taruna Desa Pogung Dalangan. JPKI2, 2(1) 201-203.
Hasdar M, F. M. (2019). Pengembangan Kelompok Bisnis Mahasiswa Berbasasi IPTEK Melalui Program Agrofood Technopreneur. Solma, 8(1)73.
Heru, A. (2022). Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual. Jurnal DKV Adiwarna, 3(1)23-25.
Jonathan, A. C. (2023). Peran desain grafis pada peningkatan brand awareness konten media sosial instagram brand K. SARINA, 1(3)108-116.
Mer, K. (2023). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Menggerakkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Communnity Development Journal, 4(6)12324-12329.
Nanto Purnomo, N. Q. (2023). Pelatihan Desain Grafis Berbasis Vektor Untuk Meningkatkan . Abdimas Berdaya, 3(6) 186-187.
Purnomo E, H. A. (2021). PKM Pelatihan Desain Grafis berbasis Vektor bagi Mahasiswa Universitas Nurul Jadid Probolinggo. Journal of Community Engagement, 2(3).
Resmawan, N. (2022). Digitalisasi Produk Ekonomi Kreatif: Upaya Membangun Wirausaha Inovatif di Masa dan Pasca Pandemi Covid 19 Bagi Masyarakat Desa Alale Kabupaten Bone Bolango. DINAMISIA, 6(2)395-400.
Suryani S, A. A. (2021). Pengembangan Soft Skill Guru SD Melalui Pelatihan Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis di Polewali Manda. Solma, 10(1) 181-188.
Tabunan L, I. M. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Digital Bagi Masyarakat Di Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir. RESWARA, 3(2) 514-521.
Wahyudin, A. (2024). comCompany Profile Design Based Interactive Multimedia as Information Media (Case study: CV. Rizka Multti Dimensi Semarang Regency) . IJGD, 2(1)20-31.
Wulan, K. (2009). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji, 2(2)175 - 182.
Zaman A, A. M. (2020). Pemberdayaan dan Pelatihan Desain Grafis Bisnis Kekinian Pada Desa Limo. Widya Laksana, 8(9) 8-9.