Screening IVA Test Dan Pembentukan Peer Group Dalam Upaya Pencegahan Kanker Serviks Di PMB Dince Safrina Kota Pekanbaru

Authors

  • Yulrina Ardhiyanti Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Kiki Megasari Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.37385/ceej.v3i2.878

Keywords:

Screening IVA, Peer Group, Kanker Serviks

Abstract

PMB Dince Safrina merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan ibu dan anak yang berlokasi di Jalan Limbungan, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru, Riau, telah banyak memberikan informasi seputar kesehatan berupa penyuluhan/demonstrasi. Namun, penyuluhan/demonstrasi mengenai Kaker Serviks belum rutin dilaksanakan dan masih sedikit WUS yang datang berkunjung untuk melakukan IVA Test. Dalam satu bulan hanya 1 orang yang datang untuk melakukan IVA Test bahkan tidak ada sama sekali. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang Screening IVA Test dan Pembentukan Peer Group dalam Upaya Pencegahan Kanker Serviks di PMB Dince Safrina Kota Pekanbaru ini  telah dilaksanakan dalam beberapa tahapan yang dimulai dari tangga 04 April s.d 05 Juni 2022. Metode yang dilakukan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah : 1). penyuluhan, 2). screening IVA test, 3). Membentuk peer group, 4). Evaluasi pelaksanaan program. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan telah memberikan hasil : 1). meningkatnya pengetahuan WUS tentang kanker serviks, 2). kegiatan screening dengan IVA test belum berjalan sesuai dengan target yang diharapkan, 3). terbentuknya peer group yang berjumlah 3 kelompok yang bertugas mengedukasi WUS yang belum bersedia dilakukan screening dengan IVA test, 4) penyuluhan tentang kanker serviks dan screening dengan metode IVA secara rutin dilaksanakan sebulan sekali di PMB Dince Safrina. Diharapkan petugas kesehatan yang bekerja di PMB Dince Safrina secara rutin melaksanakan penyuluhan tentang kanker serviks dan screening dengan metode IVA dan memantau peer group untuk tetap menjalankan tanggung jawabnya mengedukasi WUS lain untuk bersedia dilakukan screening.

Kata Kunci : Screening IVA, Peer Group, Kanker Serviks

References

Adelina, M., & Gultom, D. Y. (2017). Efektifitas Edukasi Metode Wish And Drive Terhadap perilaku Deteksi Dini Kanker Serviks di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Rampah Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 3(2), 291-300.

Juanda & Kesuma, H. (2015). Pemeriksaan metode IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) untuk pencegahan kanker serviks. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 2(2), 169-174.

Imelda, F., Ners, M., & Santosa, H. (2022). Strategi Cegah Kanker Serviks dengan Aplikasi GBKS (Grup Bebas Kanker Serviks). Media Sains Indonesia.

Kartini, K. (2017). Relationship between Knowledge and Attitudes of Women about Visual Inspection of Acetic Acid at Puskesmas Poasia, Kendari City. Health Information: Jurnal Penelitian, 9(2), 72-77.

Surbakti, E., Pardosi, M., Sianturi, E., Pasaribu, R. D., & Sitorus, E. (2022). Upaya Pembentukan Kader Remaja Sehat Reproduksi Dalam Pencegahan Kanker Serviks. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(1), 245-258.

Tafwidhah, Y., & Wulandari, D. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kangker Serviks Terhadap Keikutsertaan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Pada WUS (Wanita Usia Subur) Di Puskesmas Karya Mulia Kota Pontianak. Jurnal ProNers.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Ardhiyanti, Y. ., & Megasari, K. (2022). Screening IVA Test Dan Pembentukan Peer Group Dalam Upaya Pencegahan Kanker Serviks Di PMB Dince Safrina Kota Pekanbaru . Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(2), 213–220. https://doi.org/10.37385/ceej.v3i2.878