Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kinerja Karyawan Pada PT. BCA, Tbk Pekanbaru

Authors

  • Anggi Meilani Charlina Samosir Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Silvia Sari Sitompul Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 51 orang karyawan tetap yang bekerja di PT BCA, Tbk Pekanbaru. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS. Variabel Independen adalah gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi yang diuji pengaruhnya terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawa, sedangkan komitmen organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan.

Keywords             : leadership, organizational culture, organizational commitment, employee performance.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Rineka Cipta.

Bakara. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kawasan Industri Medan. Ilman.

Cahyono, A. (2012). Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen dan Karyawan di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi.

Darmawan. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntabilitas.

Dewi, T. S. (2018). Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta?: PT Rajawali.

Koesmono, T. (2017). Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan (Studi Pada Perusahaan Pengolahan Kayu Skala Besar di Jawa Timur). EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan).

Lilis Suryani, L. S. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Travira Air.

Luthans, F. (2012). Organizational behavior an evidence-based approach 12th edition. Organizational behavior: edivence-based approach.

Mas’ud, M. (2011). Struktur modal terhadap nilai perusahaan. Journal of Management and Business.

Paskauli, T. A. (2019). Terhadap Komitmen Organisasional Pada Divisi Produksi Pt Kievit Indonesia.

Ramezan, M. (2016). Examining the impact of organizational culture on social capital in a research based organizations. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems.

Reni Sasingkelo, Christoffel Kojo, dan F. S. R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Keryawan Pada Pt.Horiguchi Sinar Insani. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Riani, A. L., & Manurung, N. (2017). Pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kompetensi terhadap komitmen organisasi. Jurnal Manajemen Daya Saing.

Rivai & Ella Sagala. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta?: Rajawali Pers.

Robbins, Stephen P. & A. Judge, T. (2011). Organizational behavior. Fourteenth Edition. Pearson education. New Jersey.

Suarjana, A. A. G. M., Putra, I. K. M., & Susilawati, N. L. N. ayu S. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai PLN Rayon Gianyar di Kabupaten Gianyar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan.

Sutrisno, Edy. (2012). Tujuan dari Manajemen Sumber Daya Manusia. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta?: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Samosir, A. M. C. ., & Sitompul, S. S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kinerja Karyawan Pada PT. BCA, Tbk Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(1), 22–34. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/275